Asyik ! Destinasi Digital di Kepulauan Selayar Makin Marak

Asyik ! Destinasi Digital di Kepulauan Selayar Makin Marak

120
0

Geliat Digital Destination ( Destinasi Digital ) merambah Bumi Tanadoang, julukan Kepulauan Selayar. Destinasi Digital sendiri adalah objek wisata yang menonjolkan keunikan tertentun sehingga memiliki view yang lebih instgramable. Destinasi Digital di fokuskan oleh Kementerian Pariwisata sebagai upaya menangkap trend wisatawan lokal yang cenderung mencari objek wisata untuk berfoto ( selfie atau wefie ).

Di Kepulauan Selayar sendiri, inisiatif Destinasi Digital banyak dilakukan oleg Genpi ( Generasi Pesona Indonesia ) Kepulauan Selayar. Genpi adalah komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata untuk menyatuak visi dan ide para penggiat pariwisata dalam memajukan pariwisata di daerah masing-masing.

Di Bumi Tanadoang, objek-objek wisata yang instagramable bisa dijumpai di beberapa tempat. Sebut saja Hutan Mangrove Matalalang yang disulap menjadi lokasi yang asyik untuk swafoto.

IMG_20181230_164704
Tampilan baru Hutan Mangrove Matalalang membuat kunjungan wisatawan lokal meningkat

Pagar pada jembatan titian di Hutan Mangrove Matalalang dicat warna- warni dengan kombinasi yang apik. Adapun dibeberapa sudut dipasangi ornamen dan pernak-pernik yang membuat tampilan destinasi yang terletak di Dusun Matalalang ini jadi lebih semarak. “Tempatnya jadi lebih indah untuk foto rame-rame,” ucap Risna Oktaviani, salah seorang pengunjung.

Objek lain yang didandani menjadi Destinasi Digital adalah Kampung Lalemang yang terletak di Desa Patilereng, sekitar 15 km dari Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar. Aliran sungai dan beberapa gazebo yang dipasang dibeberapa titik, terlihat semakin menawan dengan jembatan bambu dan ornamen pelengkap yang dipasang pada spot tertentu.

Objek Wisata Kampung Lalemang
Objek Wisata Kampung Lalemang

“Kami melihat potensi dan minta wisatawan lokal terutama remaja yang semakin meningkat pada objek-objek wisata digital,” ungkap Mumun dari Genpi Kepulauan Selayar. Event-event regulerpun rutin digelar seperti Pasar Wisata Lalemang Colourful Art and Culture, sebuah kegiatan multikonten yang menyatukan pertunjukan seni, kuliner dan aktivitas wisata lain pada objek tersebut.

Adapun objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi di Kepulauan Selayar untuk aktivitas foto, berdua ataupun rame-rame, seperti Puncak Tanadoang di Desa Bontomarannu, Objek Wisata Tamamelong dan Sunari Beach yang sekarang dipoles untuk memenuhi keinginan wisatawan untuk menikmati keindahan alam sekaligus mengabadikannya di sosial media.

Salah satu sudut di Pantai Sunari Kepulauan Selayar
Salah satu sudut di Pantai Sunari Kepulauan Selayar

Kepulauan Selayar sedang dalam tahapan untuk dijadikan sebagai salah satu Kawasan Ekonomin Khusus ( KEK ) dibidang Pariwisata. Kehadiran beberapa objek wisata digital diharapkan memberi kontribusi pada upaya mendukung rencana besar tersebut.