Coba ! Jajanan Pasar Khas Selayar

Coba ! Jajanan Pasar Khas Selayar

757
0

Jalan – jalan ke Kepulauan Selayar, Anda harus mencoba beberapa jajanan pasar yang bisa ditemui di beberapa tempat, terutama di pasar – pasar tradisional. Secara umum, kue – kue jajanan pasar di Kepulauan Selayar tidak beda jauh dengan kue tradisional di daerah lain di Sulawesi selatan meski mungkin berbeda nama. Ayokeselayar akan mengajak berburu jajanan pasar sebagai pelengkap liburan Anda di Bumi Tanadoang.

Pallu Bandang

Kue jajanan berbahan dasar singkong ini ditempat lain disebut kue Mata Roda. Kue ini terbuat dari singkong parut yang disi dengan buah pisang , kemudian dibentuk sedemikian rupa ( biasanya bulat ) lalu dimasak dengan di kukus. Saat disajikan, kue ini ditaburi dengan parutan kelapa. Bahan singkong membuat Pallu Bandang terasa kenyal , gurih dengan aroma khas dari pisang.

Di Selayar, untuk isi kue ini biasanya menggunakan pisang raja yang benar-benar matang sehingga memberikan rasa wangi pada kue. Kue jenis ini banyak terdapat di pasar tradisional Bonea, Benteng.

Kue Rokok – Rokok

Satu lagi kue yang bisa Anda cicipi ketika berada di Selayar. Namanya Rokok – Rokok. Rokok artinya bungkus dalam bahasa Selayar. Dari namanya sudah ketahuan kalau kue ini dibungkus dalam pembuatannya. Ya, rokok-rokok adalah kue berbahan dasar singkong yang dibungkus dengan daun pisang. Kue ini dimasak dengan cara dikukus dimana bahan dasarnya adalah parutan singkong dan isinya berupa parutan kelapa dicampur gula merah.

Sekilas hampir sama dengan Pallu Bandang, namun isi dari kue membuat cita rasanya berbeda.  Biasanya kue ini dijajakan di pasar – pasar tradisional. Tapi kerap pula ditemui di toko – toko kue di Benteng atau di kampung – kampung yang mungkin anda lewati ketika mengunjungi lokasi wisata di Bumi Tanadoang.

 Adapula kue Rokok – Rokok dengan bahan dasar tepung beras dan isi berupa pisang. Di Makassar jenis kue ini disebut rokok – rokok unti. Unti adalah pisang dalam bahasa Makassar. Di Selayar pun, kue jenis ini sangat gampang ditemui di berbagai tempat.

 Roti Eja

Jika ada kue yang sangat khas di Selayar, mungkin Roti Eja salah satunya. Penampakan Roti Eja berwarna merah cenderung kecoklatan dengan tekstur yang kenyal. Kue ini dibuat dengan cara di masak didalam oven. Bahan – bahannya berupa tepung beras dan gula merah sebagai pemanis pada kue tersebut.

Biasanya diatas kue ditaburi kenari yang sudah dipotong – potong kecil sehingga menambah rasa nikmat dari kue yang selain di pasar, banyak juga dijual di warung –  warung kecil di Benteng, Kepulauan Selayar. Jenis kue ini terkenal bisa disimpan agak lama, sekitar seminggu. So, selain dimakan di tempat Roti Eja bisa juga anda bawa pulang sebagai oleh – oleh.

Buroncong

Kue Buroncong dikenal senagai kue khas Makassar. Namun demikian, jenis makanan satu ini banyak juga kita jumpai di Selayar. Biasanya dijajakan dengan gerobak dimana kue buroncong di buat langsung dengan perapian yang terdapat di gerobak tersebut. Alhasil, kue ini biasanya kita peroleh dalam kondisi masih hangat.

Bentuk kuenya seperti busur, sekilas mirip kue pukis. Bahan – bahannya adalah tepung terigu, parutan kelapa muda, gula pasir dan sedikit penambah aroma rasa. Saat anda makan kue ini rasa kelapanya sangat menonjol.

Masih banyak kue – kue basah lainnya yang dapat anda peroleh ketika berlibur di Selayar. Sebut saja misalnya tari – taripang dan roti goreng. Selamat mencoba, semoga liburan anda di Pulau Selayar menyenangkan !.