Coba ! Oleh – Oleh Ikan Asin Selayar

Coba ! Oleh – Oleh Ikan Asin Selayar

409
0

Berkunjung ke Kepualaun Selayar, sesekali anda boleh mencoba oleh – oleh yang lain dari biasanya, ikan asin ! ya, kenapa tidak, jika anda mengemas ikan asin dalam sebuah wadah dengan trik tertentu, aroma menyengat ikan asin bisa diminimalisir. Ikan asin bisa didapati di pasar tradisional di Selayar dan di beberapa toko oleh – oleh di kota Benteng.

Ikan asin di selayar, biasanya dibuat dengan cara  – cara yang masih sangat natural sehingga cita rasa dan teksturnya masih sangat terjaga. Bahkan, saat ini tersedia ikan asin kemasan yang dijual di beberapa toko oleh – oleh, salah satunya di Tinabo Dive Centre, sebelah utara Lapangan Pemuda Benteng. So, anda tak perlu memikirkan lagi untuk mengemas ikan asin bawaan anda.

Harga ikan asin di beberapa pasar tradisional di Selayar berkisar antara puluan sampai ratusan ribu rupiah per kilo, tergantung jenis ikannya. Ikan Sunu, kakap dan baronang adalah jenis ikan asin yang kami rekomendasikan untuk dibawa pulang. Selain itu, Ikan teri juga bisa menjadi pilihan.

 Tips Menghilangkan Aroma Ikan Asin

Jika anda membeli ikan asin tanpa kemasan di Selayar, tentu akan repot jika membawa oleh – oleh tersebut di perjalanan. Bukan apa – apa, ikan asin terkenal dengan aromanya yang menyengat. Biasanya untuk menghilangkan baunya, ikan asin di bungkus dengan kertas koran yang telah ditaburi dengan bubuk kopi secukupnya, kemudian bungkusan luarnya cukup dengan kantong plastik. Tips ini terbukti bisa menghilangkan bau khas ikan asin.