Kemenpar Dorong KEK Pariwisata Kepulauan Selayar ditetapkan Tahun 2019

Kemenpar Dorong KEK Pariwisata Kepulauan Selayar ditetapkan Tahun 2019

112
0

Kementerian Pariwisata melalui Ketua Tim Percepatan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK ) Pariwisata, Azwir Malaon, mendorong penetapan Kepulauan Selayar sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata baru di Indonesia, pada tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Azwir pada Focus Group Discussion ( FGD ) yang berlangsung di Rayhan Square Benteng, Kepulauan Selayar, Senin ( 12/2/2018 ). Hadir pada acara tersebut, Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali dan SKPD terkait.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah kawasan dengan batas tertentu yang tercangkup dalam daerah atau wilayah untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.

KEK dikembangkan melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan geoekonomi dan geostrategi dan berfungsi untuk menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.

Adapun agenda KEK Kepulauan Selayar sudah bergulir sejak dua tahun terakhir dengan proses pengusulan yang sudah berlangsung pada beberapa pemangku kepentingan.

Sejalan dengan itu, Pemda Kepulauan Selayar telah mempersiapkan diri, terutama dalam penyediaan aspek Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas yang menjadi faktor pendukung tercapainya Kepulauan Selayar sebagai salah satu KEK baru.

LEAVE A REPLY