Menjamah “Keperawanan” Pasi Gusung

Menjamah “Keperawanan” Pasi Gusung

2363
0

Pulau Pasi dan Pulau Gusung sejatinya merupakan satu kesatuan dan hanya dipisahkan oleh hutan bakau yang membentang di wilayah tersebut. Pada peta dan berbagai literatur, yang tercantum hanyalah Pulau Pasi. Pulau Pasi terletak di sebelah barat Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Menuju pulau tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu nelayan jenis jolloro.

Pulau Pasi memanjang dari utara ke selatan, dimana pada sisi timurnya merupakan daerah pemukiman yang terdiri dari beberapa dusun. Sementara itu, disisi barat Pulau Pasi merupakan wilayah tak berpenghuni dan  memiliki daerah pantai berpasir putih yang sangat luas. Untuk Anda yang doyan pelesir ke daerah pantai yang masih “perawan” sisi barat Pulau Pasi adalah destinasi yang ideal.

Pantai – Pantai yang kami maksud, belum dikelola oleh investor maupun masyarakat setempat. Suasananya masih sangat lengang dan memang belum ada fasilitas penunjang yang memadai untuk aktvitas wisata. Mengunjungi tempat ini, sebaiknya mempersiapkan bekal yang memadai.

Dengan menyewa perahu nelayan dari Benteng, anda bisa menyusuri pesisir barat Pulau Pasi dan menikmati eksotisme Kepulauan Selayar pada daerah yang masuk dalam wilayah Kecamatan Bontoharu itu. Aktivitas yang bisa anda lakukan seperti Sun Bathing, snorkling dan menikmati panorama sunset disore hari. Berikut beberapa spot wisata pantai di pesisir barat Pulau Pasi :

  • Pantai Timbula