Pemerhati Selayar ini Berharap Pemerintah Padukan Wisata Alam dan Budaya

Pemerhati Selayar ini Berharap Pemerintah Padukan Wisata Alam dan Budaya

86
0

Christiaan Heersink, Pemerhati Selayar yang sekaligus Penulis Buku The Green Gold of Selayar, berharap Pemerintah Kepulauan Selayar tetap menjadikan kekayaan sosial dan budaya Kepulauan Selayar sebagai salah satu varian destinasi wisata Bumi Tanadoang.

Harapan tersebut di kemukakan pada dua kesempatan, masing – masing saat menghadiri diskusi bersama beberapa kalangan di Kepulauan Selayar dan pada acara yang sama di Makassar, tepatnya di Cafe Emthree, Mingu ( 13/08/2017 ).

Christ, Sapaan akrab Christiaan Heersink, menilaia Selayar sebagai daerah dengan karakter sosial dan budaya yang unik, “hampir tak ada daerah di Sulawesi Selatan yang menyamainya,” ucapnya di depan peserta diakusi.

Christ mencontohkan keberadaan kampung – kampung tua dengan berbagai kearifan lokal yang menunjukkan Kepulauan Selayar sebagai pusat peradaban dimasa lampau.

Peninggalan sejarah seperti Jangkar Raksasa, Gong Nekara dan benda-benda purbakala menurut Christ, juga menjadi indikasi keberadaan Selayar di masa lalu sebagai jalur pelayaran dan perdagangan.

LEAVE A REPLY