Perjalanan Darat ke Selayar

Perjalanan Darat ke Selayar

5820
0

Memilih perjalanan darat ke pulau Selayar, mungkin akan mamakan waktu yang relatif lebih lama ketimbang menggunakan transportasi udara. Tapi jika anda ingin pengalaman baru menikmati panorama alam disepanjang perjalanan lalu menyebrang menggunakan kapal penyebrangan ( ferry ), Transportasi darat bisa jadi adalah pilihannya.

Memilih jalur darat, bisa dengan membawa kendaraan sendiri atau menumpang bus yang melayani rute Makassar-Selayar. Masing-masing tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri, ada bebebrapa spot pariwisata yang bisa anda singgahi dalam perjalanan menuju kabupaten Bulukumba ( Daerah tempat pelabuhan penyebrangan menuju pulau Selayar ).

Anda bisa menyinggahi kabupaten Bantaeng di km 120 dari arah Makassar. Disana ada pantai Marina dan Seruni yang bisa anda tempati untuk beristirahat, atau sekedar untuk makan siang dan menikmati panorama pantai selatan di pulau Sulawesi itu.

Melewati kabupaten Bantaeng, ada kabupaten Bulukumba dengan beberapa destinasi pariwisata yang mungkin sudah pernah anda dengar. Yang pertama adalah perkampungan pembuat perahu Phinisi di Tanahberu. Disini anda bisa melihat perahun phinisi yang sedang dalam proses pembuatan oleh penduduk setempat. Pengerjaanya kebanyakan masih bersifat manual tanpa bantuan alat-alat modern.

Tidak jauh dari pelabauhan penyeberangan di Bira, Kabupaten Bulukumba, terdapat pantai pasir putih Bira dengan panorama laut yang menawan. Jika masih ada waktu sebelum kapal ferry yang akan anda tumpangi beranagkat, lokasi yang hanya sekitar 2 km dari pelabuhan itu, bisa anda singgahi.

Jika sedang musim mudik, tidak dianjurkan untuk anda membawa kendaraan sendiri. Resiko antri untuk mendapat space diatas kapal ferry, bisa membuat schedule perjalanan anda terganggu. Untuk musim mudik seperti jelang lebaran Idul Fitri, menggunakan bus adalah alternatif ideal.

Bus yang melayani trayek Makassar – Selayar, berangkat dari terminal Mallengkeri Makassar pada pukul 8 atau 9 pagi. Sebaiknya, jika memilih berangkat ke Selayar dengan bus, melakukan reservasi sehari atau dua hari sebelum, akan lebih baik.

Salah satu bus dengan fasilitas AC yang bisa anda tumpangi adalah NEW SUMBER MAS MURNI ( Tlp Perwakilan Makassar 04115060199, Perwakilan Selayar 041421154 ). Reservasi bisa dilakukan melalui telpon.

LEAVE A REPLY