Sunari Beach : Mengusung Konsep Eco Tourism

Sunari Beach : Mengusung Konsep Eco Tourism

3045
0

Kepulauan Selayar tak pernah kehabisan stok destinasi wisata pantai untuk memanjakan wisatawan yang datang berkunjung. Salah satu diantaranya adalah Pantai Sunari ( Sunari Beach ) yang terletak di Dusun Tile-tile, Kecamatan Bontoharu. Sunari Beach dipenuhi oleh pohon kelapa yang berbaris dihampir seluruh wilayah pantai. Lokasi yang berjarak sekitar 15 km arah selatan kota Benteng ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau roda empat hanya dalam waktu sekitar 30 menit.

Jalur dari Benteng menuju lokasi merupakan jalan utama yang melintasi Pulau Selayar, sehingga kondisi jalannya sangat mulus dan terawat. Menggunakan roda dua akan menawarkan suasana yang lebih berkesan. Di sepanjang jalan Anda akan melewati beberapa perkampungan dengan rumah panggung yang berjejer di kanan kiri jalan.

Memasuki Sunari Beach, pengunjung akan disambut semilir angin pantai dan suara gesekan daun kelapa yang tertiup angin laut. Di dalam lokasi terdapat beberapa unit bungalow berkarakter rumah panggung khas Kepulauan Selayar. Untuk yang menginginkan liburan yang lebih tenang dan privat, tarif satu kamar di Sunari Beach adalah 400 Ribu Rupiah per malam.

Namun jika Anda hanya menyinggahi pantai ini dalam waktu singkat, setiap pengunjung dibebankan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Dengan biaya itu, pengunjung sudah bisa menikmati suasana di dalam lokasi dengan hamparan pasir yang meskipun berwarna sedikit kelabu, namun tetap menyuguhkan daya tarik yang luar biasa. Pengelola membersihkan kawasan pantai secara kontinyu sehingga bebas dari samapah dan kotoran.

Jika Anda ingin menikmati buah kelapa muda langsung dibawah pohonnya, pengelola akan menyediakannya dengan harga tertentu yang harus dibayarkan.

Fasilitas dan pelayanan di Sunari Beach mengusung konsep ekowisata. Beberapa fasilitas seperti bangku dan meja di beberapa sudut, adalah kayu atau material bekas yang dimanfaatkan oleh pengelola, “berbagai kelengkapan ditempat ini sebisanya menggunakan bahan dari alam, bahkan beberapa diantaranya adalah material yang bagi sebagian orang sudah tidak bermanafaat,” ungkap Eka yang mengelola lokasi tersebut.

Dengan laut dan pantai yang terawat, aktivitas berenang dan bermain di pantai tentu akan sangat mengasyikkan, belum lagi beberapa fasiltas yang disediakan seperti balon pantai, ban renang dan alat snorkeling dengan tarif tertentu yang anda harus bayarkan.

  • Fasilitas penginapan di Pantai Sunari

Jjika ingin menikmati suasana menginap dipinggiran pantai yang sejuk, silahkan menghubungi Marketing Sunari Beach Bungalow di nomor 085145423339 / 081341504973.