Tampil di Belgia, Musik Batti – Batti Selayar Pukau Penonton di Tiga...

Tampil di Belgia, Musik Batti – Batti Selayar Pukau Penonton di Tiga Kota

3121
0
Foto by Aural Archipelago

Kelompok Musik Batti-Batti Turikale yang tampil di Belgia, berhasil memukau penonton di tiga kota yang disambangi, kota – kota tersebut masing – masing Brussels, Oudenburg dan Ghent. Selain kekhasan musik dan lagu Batti – Batti, pakaian adat dan alat musik gambus menjadi dua hal yang mendapat apresiasi.

“Gambus dikagumi sebagai alat musik yang dibuat khusus dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan bunyi yang khas,” ujar Amar Aprizal dari Aural Archipelago yang memprakarsasi tampilnya Batti – Batti di Eropa.

Batti-Batti sendiri tampil sejak 30 November lalu. Digawangi oleh tiga personal, masing – masing Aprianto, Rosdiana dan Supriadi. Selain Batti -Batti Kepulauan Selayar, tiga perwakilan lain dari Indonesia adalah Ata Ratu ( Jungga, Sumba ) dan Thambunesia ( Sapeq, Dayak ).

Batti – Batti adalah kesenian khas Kepulauan Selayar berupa lagu berbahasa Selayar yang dilantunkan oleh dua orang ( pria dan wanita ) secara berbalas – balasan. Syair lagu Batti – Batti dapat berupa petuah, kata – kata cinta, humor sampai pesan – pesan kearifan lokal.

LEAVE A REPLY